Image by Alvaziazien

Jumat, 10 Agustus 2012

Evaluasi dalam Pendidikan

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Dalam kehidupan sehari-hari tanpa disadari sebenarnya kita sering membuat suatu kegiatan evaluasi. Namun, banyak orang belum memahami secara tepat arti kata evaluasi bahkan masih banyak orang yang lebih cenderung mengartikan kata tersebut dengan suatu pengertian yang berbeda-beda.
Secara umum guru hanya berperan sebagai penyalur informasi atau proses pentransferan ilmu terhadap peserta didiknya, dan guru
hanya bertugas untuk menilai suatu hasil pekerjaan anak didiknya secara garis besar saja tanpa memperhatikan secara rinci dari awal, proses pembelajaran samapai dengan evaluasi hasil pembelajaran yang telah dilaksanakan dikelas maupun dilingkungan sekolahnya. Oleh karena itu saya ingin menuliskan suatu kajian khusus tentang makna dan tujuan
dari evaluasi dalam pendidikan.
B.      Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah tersebut dapat dirumuskan masalah sebagai berikut :
  1. Apa yang dimaksud dengan Evaluasi ?
  2. Bagaimana fungsi dan tujuan dari evaluasi?
  3. Bagaimana Evaluasi dalam Pendidikan ?
BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian Evaluasi
Evaluasi merupakan kegiatan yang membandingkan antara hasil implementasi dengan kriteria dan standar yang telah ditetapkan untuk melihat keberhasilannya. Dari evaluasi kemudian akan tersedia informasi mengenai sejauh mana suatu kegiatan tertentu telah dicapai sehingga bisa diketahui bila terdapat selisih antara standar yang telah ditetapkan dengan hasil yang bisa dicapai.
Berikut ini adalah pengertian dan definisi evaluasi:
1.      Mehrens & Lelman, 1978
Evaluasi adalah suatu proses dalam merencanakan, memperoleh, dan menyediakan informasi yang sangat diperlukan untuk membuat alternatif - alternatif keputusan 
2.      Gronlund, 1975
Evaluasi adalah suatu proses yang sistematis untuk menentukan tujuan atau membuat keputusan sampai sejauh mana tujuan - tujuan pengajaran telah dicapai oleh siswa
3.      Wrightstone Dkk, 1956
Evaluasi ialah penaksiran terhadap pertumbuhan dan kemajuan siswa ke arah tujuan - tujuan atau nilai yang telah ditetapkan 
4.      I Ketut Gede Yudantara
Evaluasi merupakan kelanjutan dari suatu rencana kerja yang peranannya sangat dibutuhkan karena evaluasi merupakan latihan yang memperkaya logika dan analisa
5.      Sudijono, 1996
Evaluasi pada dasarnya merupakan penafsiran atau interpretasi yang bersumber pada data kuantitatif, sedang data kuantitatif merupakan hasil dari pengukuran
6.      Endang Sri Astuti & Resminingsih
Evaluasi merupakan pemikiran kritis terhadap keberhasilan dan kekurangan dalam sebuah program pengembangan diri yang telah dilakukan seseorang 
7.      Donna L. Wong
Evaluasi adalah langkah terakhir dalam proses pembuatan keputusan 
8.      Nursalam
Evaluasi adalah proses stimulasi untuk menentukan keberhasilan  
9.      Hj. Saminem, SKM
Evaluasi adalah seperangkat tindakan yang saling berhubungan untuk mengukur pelaksanaan dan berdasarkan pada tujuan dan kriteria

B.     Fungsi dan Tujuan Evaluasi
1.      Tujuan evaluasi
Tujuan evaluasi pembelajaran adalah :
a)      Melihat produktivitas dan efektivitas kegiatan belajar-mengajar
b)      Memperbaiki dan menyempurnakan kegiatan guru
c)      Memperbaiki, menyempurnakan dan mengembangkan program belajar-mengajar
d)     Mengetahui kesulitan-kesulitan apa yang dihadapi oleh siswa selama   kegiatan belajar dan mencarikan jalan keluarnya
e)      Menempatkan siswa dalam situasi belajar-mengajar yang tepat sesuai dengan kemampuanny. Depdiknas (2003 : 6).

Tujuan Evaluasi pembelajaran secara umum adalah untuk mengetahui efektivitas proses pembelajaran yang telah dilaksanakan. Secara khusus, tujuan evaluasi adalah untuk mengetahui tingkat penguasaan peserta didik terhadap kompetensi yang telah ditetapkan, mengetahui kesulitan-kesulitan yang dialami peserta didik dalam proses belajar, sehingga dapat dilakukan diagnosis dan kemungkinan memberikan remedial teaching, dan mengetahui efisiensi dan efektifitas strategi pembelajaran yang digunakan guru, baik yang menyangkut metode, media maupun sumber-sumber belajar.

2.      Fungsi evaluasi
Fungsi evaluasi adalah :
a)      Evaluasi berfungsi Secara psikologis yaitu peserta didik perlu mengetahui prestasi belajarnya, sehingga ia merasakan kepuasan dan ketenangan
b)       Evaluasi berfungsi Secara sosiologis yaitu untuk mengetahui apakah peserta didik sudah cukup mampu untuk terjun ke masyarakat. Mampu dalam arti dapat berkomunikasi dan beradaptasi dengan seluruh lapisan masyarakat dengan segala karakteristiknya
c)      Evaluasi berfungsi didaktis-metodis yaitu untuk membantu guru dalam menempatkan peserta didik pada kelompok tertentu  sesuai dengan kemampuan dan kecakapannya masing-masing
d)     Untuk mengetahui kedudukan peserta didik diantara teman-temannya, apakah ia termasuk anak yang pandai, sedang atau kurang, (e) untuk mengetahui taraf kesiapan peserta didik dalam menempuh program pendidikannya
e)      Untuk membantu guru dalam memberikan bimbingan dan seleksi, baik dalam rangka menentukan jenis pendidikan, jurusan maupun kenaikan tingkat/kelas
f)       Evaluasi berfungsi administratif yaitu untuk memberikan laporan tentang kemajuan peserta didik kepada pemerintah, pimpinan/kepala sekolah, guru/instruktur, termasuk peserta didik itu sendiri.

C.    Evaluasi dalam Pendidikan
Evaluasi dalam pendidikan adalah serangkaian kegiatan yang ditujukan untuk mengukur keberhasilan program pendidikan, dalam hal ini lebih meninjau proses menilai sampai sejauhmana tujuan pendidikan dapat dicapai.
Berdasarkan tujuannya, terdapat pengertian evaluasi sumatif dan evaluasi formatif. Evaluasi formatif dinyatakan sebagai upaya untuk memperoleh feedback perbaikan dari suatu pembelajaran, sementara itu evaluasi sumatif merupakan upaya menilai manfaat dari suatu pembelajaran dan mengambil keputusan atau suatu kesimpulan tertentu yang bisa berupa nilai hasil belajar siswa selama proses pembelajaran.

BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Evaluasi merupakan kegiatan yang membandingkan antara hasil implementasi dengan kriteria dan standar yang telah ditetapkan untuk melihat keberhasilannya.
Tujuan Evaluasi pembelajaran secara umum adalah untuk mengetahui efektivitas proses pembelajaran yang telah dilaksanakan. Secara khusus, tujuan evaluasi adalah untuk mengetahui tingkat penguasaan peserta didik terhadap kompetensi yang telah ditetapkan, dll.
Evaluasi berfungsi Secara psikologis, sosiologis yaitu peserta didik perlu mengetahui prestasi belajarnya, apakah peserta didik sudah cukup mampu untuk terjun ke masyarakat sehingga ia akan merasakan kepuasan dan ketenangan.  Evaluasi juga berfungsi sebagai didaktis-metodis,selektif dan administratif bagi seorang guru dalam melakukan program pembelajaran.
Evaluasi dalam pendidikan adalah serangkaian kegiatan yang ditujukan untuk mengukur keberhasilan program pendidikan, dalam hal ini lebih meninjau proses menilai sampai sejauhmana tujuan pendidikan dapat dicapai.
B.     Saran
Dengan adanya Evaluasi dalam Pendidikan, kita diharapkan dapat mengembangkan kompetensi, pengatahuan dan ketrampilan kita serta mengembangkan contoh evaluasi pembelajaran yang baik terhadap pembelajaran disekolah baik dilingkungan sekolah  maupun di lingkungan kelas.

by.alvaziazien

Tidak ada komentar:

Posting Komentar